Wednesday 1 March 2023

Robohnya Tanggul Kami

Hujan deras yang terjadi semalam ternyata membawa dampak. Salah satunya adalah tanggul selokan di perbatasan RT. Tanggul sungai tersebut jebol akibat tidak mampu menahan air.


Jebolnya tanggul dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah resapan air. Resapan air terjadi ketika air yang tergenang di sekitar tanggul mulai meresap ke dalam tanah di bawah tanggul. Jika resapan air ini terlalu besar, maka akan terjadi perubahan tekanan air di bawah tanggul yang bisa menyebabkan kerusakan pada struktur tanggul dan akhirnya jebol.

Untuk mencegah terjadinya jebol pada tanggul karena resapan air, perlu dilakukan perencanaan yang matang dalam pembangunan tanggul, termasuk memperhitungkan kondisi tanah di sekitar tanggul. Dalam perencanaan tersebut, perlu dipertimbangkan material yang digunakan dalam pembangunan tanggul, kemiringan tanggul, serta sistem drainase yang efektif untuk mencegah terjadinya resapan air.

Selain itu, perlu juga dilakukan pemeliharaan secara rutin pada tanggul untuk memastikan bahwa strukturnya tetap kokoh dan dapat menahan tekanan air yang mungkin terjadi. Hal ini meliputi pemeriksaan secara berkala pada struktur tanggul dan perbaikan segera jika ditemukan kerusakan atau tanda-tanda penurunan kekuatan pada tanggul tersebut.

0 comments:

Post a Comment