Sunday 5 March 2023

Kajian Ahad Pagi Bersama Bapak Muhammad Isa


Puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di bulan Ramadan, di mana umat Muslim menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, puasa juga dapat dilakukan di luar bulan Ramadan, seperti puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis, serta puasa Ayyamul Bidh (13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah).



Tujuan dari puasa adalah untuk mendapatkan keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan kesabaran, keikhlasan, dan kepekaan sosial.






Selama berpuasa, selain menahan diri dari makan dan minum, umat Muslim juga diharapkan untuk menahan diri dari tindakan dan perkataan yang dapat merusak ibadah puasa. Selain itu, puasa juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian sosial, seperti memberikan sedekah dan membantu sesama yang membutuhkan.

Saat berbuka puasa, umat Muslim disunnahkan untuk memulainya dengan buah kurma dan air putih, lalu makan makanan yang ringan dan sehat. Setelah itu, disunnahkan untuk melakukan shalat Maghrib, kemudian dapat melanjutkan makan dan minum.

Demikianlah sedikit isi dari pengajian tentang puasa yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.






0 comments:

Post a Comment